Gerbang Logika Dasar


Dalam teknik digital, kita mengenal beberapa gerbang logika dasar dimana gerbang- gerbang ini mendasari berbagai terciptanya perangkat- perangkat digital yang kompleks dan canggih. Misalnya kamera digital, handphone dan komputer.
Gerbang- gerbang tersebut adalah:
 
AND Gate :
      Output dari AND Gate akan berada pada keadaan logic 1, hanya jika semua inputnya berada pada keadaan logic 1. Dan output akan berada pada keadaan logik 0, apabila salah satu inputnya atau lebih berada pada keadaan logik 0.
AND Gate ini dapat digambarkan sebagai rangkaian saklar yang tersambung seri. Dimana lampu akan menyala  hanya jika semua saklar dalam kondisi ON.

OR Gate :
      Output dari OR Gate akan berada pada keadaan logik 0, hanya jika semua inputnya berada pada keadaan logik 0. Dan output akan berada pada keadaan logik 1 jika salah satu inputnya atau lebih berada pada keadaan logik 1.
OR Gate ini dapat digambarkansebagai rangkaian saklar yang tersambung secara paralel. Dimana lampu akan menyala jika salah satu saklar atau lebih saklar dalam posisi ON.

NOT Gate :
      Output dari suatu NOT Gate akan selalu berlawanan dengan keadaan inputnya, bila inputnya dalam keadaan logik 0 maka outputnya akan berlogik 1. Bila inputnya berada pada keadaan logik 1 maka outputnya akan berlogik 0. Karena memiliki sifat yang demikian maka NOT Gate biasa disebut juga sebagai Inverter atau pembalik keadaan.

NAND Gate
      Operasi dari NAND gate ekivalen dengan AND gate yang diikuti oleh suatu inverter. Sehingga ekspresi output dari NAND gate adalah  X = ( A.B )’
Jadi output NAND rendah hanya apabila semua inputnya tinggi. Jenis operasi yang sama dapat diperluas pada NAND gate dengan input lebih dari dua.
NAND gate dapat dibentuk juga dari OR gate yang inputnya diberi inverter.

NOR Gate
      Operasi dari NOR gate adalah ekivalen dengan OR gate yang diikuti dengan inverter gate, sehingga operasi outputnya adalah  X = ( A + B )’
NOR gate dapat juga dibentuk AND gate yang inputnya diberi inverter, sedangkan

Exclusive OR Gate
Sifat dari rangkaian Exclusive OR adalah berfungsi untuk mendeteksi keadaan logik yang berbeda diantara kedua inputnya. Jika kedua inputnya mempunyai logik yang berbeda, maka output Exclusive OR akan berlogika 1, tetapi jika kedua inputnya berada pada keadaan logik yang sama maka output Exclusive OR akan 0.
Persamaan output EX-OR adalah X = A’B + A B’
      Exclusive OR gate terutama digunakan pada rangkaian arithmatic logic seperti misalnya rangkaian penjumlah (adder) dan pengurang (subtractor).
Pada percobaan ini dibuat suatu rangkaian Exclusive OR gate dari gabungan gate dasar.

Exclusive NOR Gate
EX-NOR merupakan inversnya dari EX-OR sehingga persamaan outputnya adalah X = (A’B + A B’)’

Pembahasan lebih lanjut akan dimuat pada posting selanjutnya..
semoga bermanfaat...
^^,
Previous
Next Post »

2 cuap- cuap

Click here for cuap- cuap
January 1, 2012 at 9:12 PM ×

ditunggu post selanjutnyaaa ttg teknik digital Lek >,<

Reply
avatar
January 1, 2012 at 10:28 PM ×

wkwkwkwk..,
sesuk teknik digital...
**padahal aq yo ra mudheng

Reply
avatar

Silakan tinggalkan komentar... ConversionConversion EmoticonEmoticon