Tips ber-internet aman

Online merupakan kebiasaan manusia di abad 21.. jamannya teknologi informasi.

Namun perlu dimengerti, bahwa "penjahat" tidak hanya ada di dunia nyata, namun di dunia maya'pun banyak terjadi kejahatan.

Banyak kasus- kasus yang terjadi di dunia maya menimbulkan permasalahan yang serius di dunia nyata. Misalnya kasus pembobolan rekening, penyebaran gambar- gambar yang kurang sopan yang mengandung unsur fitnah di dalamnya dll. Tentu hal- hal tersebut sangat merugikan bagi kita semua.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa menangkal hal- hal yang tidak diinginkan tersebut, diantaranya:


1, Simpan baik- baik password anda. Bedakan password untuk situs- situs penting dengan password untuk situs- situs biasa. Lebih baik password email adalah password tersendiri, tidak sama dengan yang lain. Hal ini untuk menghindari pencurian password masal.


2, Jangan sembarangan mengisikan password anda pada situs- situs yang meragukan. Bisa saja password yang anda masukkan digunakan oleh admin situs yang kurang jelas tersebut.


3, Selalu waspada pada url (alamat web). Karena sering kali terjadi URL phising/ fake login (login palsu). Tampilannya sama seperti situs aslinya, namun itu adalah jebakan agar anda memasukkan password anda di situ. Alangkah baiknya jika anda menulis langsung alamat tujuan di address bar.


4, Waspada terhadap keyLogger. Logger merupakan software yang bisa merekan segala yang anda ketikkan. Bayangkan jika anda mengetikkan password di internet banking misalnya. Sebisa mungkin gunakan komputer/ laptop pribadi untuk hal- hal yang riskan.


5, Jika menggunakan komputer warnet, jangan gunakan fasilitas "remember password" atau "ingat sandi" pada browser.


Sebenarnya masih banyak sekali cara- cara untuk menghindari kejahatan di dunia maya, namun sekian dulu semoga membantu.
Previous
Next Post »

Silakan tinggalkan komentar... ConversionConversion EmoticonEmoticon