Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook




Sering kali kita dipusingkan dengan berbagai istilah- istilah TI. Di antanranya adalah Laptop, Notebook dan netbook. Nah di sini saya akan coba berikan pengertian tentang ketiganya.
Untuk memulai penjelasan saya. Alangkah baiknya kita ketahui dulu pembagian computer. Ada banyak pembagian computer baik itu menurut ukurannya, fungsinya, spesifikasinya dan lain lain. Menurut ukurannya, computer dibagi menjadi Personal Computer, laptop dan palmtop.


Personal computer adalah computer yang sering kita jumpai sehari- hari. Misalnya di warnet, rental, kantor atau dalam rumah. Spesifikasi dari PC itu sendiri ada bermacam- macam tergantung dari perangkat kerasnya (processor, RAM, hard disk dll). Saat ini kita sering dengar ” computer dual core, core 2 duo, i3, i7, phenom, athlon, turion dll”. Sebenarnya nama- nama itu diidentikkan dengan jenis processor yang ada dalam PC itu. Sama seperti dulu kita mendengar PC Pentium 1, Pentium 2 dll. Pentium adalah merek dagang milik Intel Corp (salah satu pabrikan processor terbesar). Semakin bagus processor (dan komponen pendukung lain) yang ada dalam PC tersebut, maka PC tersebut semakin Joss..hehe. Sampai- sampai muncul klasifikasi PC menurut performanya. Yakni PC Game, PC office, home PC.

Sedangkan Laptop sessuai dengan namanya “lap” berarti pangkuan. Laptop dapat diartikan computer yang dapat dipangku. Seiring perkembangan jaman, kata Laptop makin tidak pas lagi penggunaannya. Karena jenis computer ini malah jarang diletakkan di pangkuan. Jenis computer ini malah lebih mirip buku catatan. Tipis, bisa dibawa ke mana- mana. Bergeserlah Bahasa Laptop menjadi Notebook.

Baru- baru ini kita mendengar istilah baru yaitu “netbook”. Perbedaan mendasar dari notebook dan netbook adalah dari sisi performanya/ kemampuannya. Performa Notebook mirip dengan PC, hingga dapat dikatakan bahwa notebook adalah bentuk mini dari PC (hehe..). Sedangkan performa netbook adalah di bawah notebook. Netbook dibuat untuk menangani pekerjaan- pekerjaan ringan seperti mengetik, browsing dan aplikasi- aplikasi ringan lainnya. Tak seperti pendahulunya (notebook) yang bisa digunakan untuk desain grafis, Game berat dll. Perbedaan lain dari notebook dengan netbook adalah ukurannya (diagonal). Notebook ukuran diagonal layarnya 14 inch atau lebih, sedangkan netbook berukuran sekitar 12 inch jadi tak heran kalau rata- rata notebook lebih berat dari netbook.

Nah, jika kita akan membeli computer jinjing ^^,. Alangkah baiknya kita pertimbangkan untuk apa computer itu dibeli. Untuk kerja berat ataukah hanya untuk ngetik dan OL Facebook (gue bgt..hehe..). Pilihan ada di tangan anda..
Previous
Next Post »

2 cuap- cuap

Click here for cuap- cuap
November 7, 2012 at 3:23 PM ×

menarik informasinya gan, klo artikelnya menarik dan sangat saya suka penjelasannya yg cukup menarik lagipula loe, juga bagi teman2 yg suka film box office ampe semi terbaru silakan kunjungi situsnya saya ok, makasi untuk admin situs ini loe, salam blogger indonesia.

Reply
avatar
January 3, 2013 at 10:21 PM ×

trims gan udah mampir., salam blogger.. ^_^)/

Reply
avatar

Silakan tinggalkan komentar... ConversionConversion EmoticonEmoticon