Merapi oh Merapi


Merapi adalah salah satu gunung aktif di indonesia. Yang saat ini gunung merapi sedang menampakkan keganasannya. sudah lebih dari satu minggu merapi mengeluarkan awan panasnya. Daerah di sekitar merapi pun tak luput dari awan panas atau yang sering masyarakat sebut wedus gembel. Daerah- daerah sekitar Merapi seperti Kaliurang (yogyakarta), Srumbung, Salam (Magelang) dan Klaten adalah beberapa daerah yang terparah diterjang amukan Merapi.
Camp- camp pengungsian telah didirikan di beberapa daerah bahkan sampai di Perumahan Bumi Prayudan (Mertoyudan, Magelang) yang jaraknya terbilang jauh dari puncak merapi.


Merapi tidak hanya mengeluarkan awan panas saja, namun juga mengeluarkan abu vulkanik yang amat pekat. Menurut berita, bahkan abu vulkanik merapi telah mencapai daerah Jawa Barat. Arah hempasan abu vulkanik sulit diprediksi karena tergantung arah angin. Di Yogyakarta sendiri, abu vulkanik membuat masalah tersendiri bagi masyarakat, bahkan menggangu proses pendidikan. Sampai saat ini sekolah- sekolah dan beberapa  universitas di Kab.Sleman dan Kota Yogyakarta diliburkan. Hal ini terkait dengan pekatnya abu vulkanik yang ada di jalan raya dan keadaan yang kurang memungkinkan untuk belajar. Perkuliahan di UII yang berada di zona berbahaya diliburkan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Di Magelang, abu vulkanik merapi telah menumbangkan beberapa pohon, membuat jalan tak terlihat dan menyebabkan polusi yang sangat parah. Pantauan di Muntilan, abu merapi mencapai ketebalan hampir 5 cm. Akibat dari tebalnya abu dan guyuran hujan, di beberapa jalan raya terjadi kecelakaan yang diakibatkan licinnya jalan.
Previous
Next Post »

Silakan tinggalkan komentar... ConversionConversion EmoticonEmoticon